Bantuan Dana Pengembangan dan Pembangunan MI MIFTAHUL AMIN klik di sini

Satu Juta Guru Terima Gaji 200 Ribu

9 Desember 2011

satu juta, guru, terima, gaji, 200 ribu
YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Sulistyo, Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia, mengatakan, sekitar satu juta guru di Indonesia hanya mendapatkan gaji Rp 200.000 per bulan.

Sulistyo juga mengatakan, guru-guru tersebut adalah guru honorer atau non-pegawai negeri sipil (non-PNS). Oleh karena itu, Persatuan Guru Republik Indonesia atau PGRI mengusulkan kepada pemerintah agar standar minimal gaji guru, khususnya non-PNS, ditetapkan sebesar Rp 3,2 juta per bulan.

"Standar gaji minimal bagi guru sangat dibutuhkan untuk kelayakan hidup keluarga mereka. Terlebih lagi, setengah dari sekitar empat juta guru di Indonesia merupakan guru honorer atau non-PNS," kata Sulistyo seusai acara pemberian santunan Bumiputera kepada guru di Sekolah Dasar Pangudi Luhur Yogyakarta, Rabu (7/12/2011).

Ia mengatakan, standar minimal gaji guru non-PNS itu penting karena selama ini mereka kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Padahal, pengabdian mereka sama dengan guru yang berstatus PNS.

"Selama ini upaya peningkatan kesejahteraan guru hanya berlaku bagi guru berstatus PNS, yang mendapatkan gaji dan tambahan sejumlah tunjangan, sedangkan hak-hak guru honorer atau non-PNS tidak diperhatikan," kata Sulistyo.

Kepala Wilayah Bumiputera Yogyakarta Nurseto mengatakan, guru bagi Bumiputera merupakan sosok yang tiada duanya karena para gurulah yang mendirikan perusahaan asuransi tersebut pada 1912. "Dalam rangka menuju perayaan 100 tahun, Bumiputera mengajak beberapa pemegang polis asuransi yang sudah dianggap sukses oleh lingkungannya untuk menyampaikan terima kasih kepada guru mereka yang telah memberikan inspirasi," kata Nurseto.

Sumber: edukasi.kompas.com

Artikel Lainnya:

4 komentar:

software online gratis mengatakan...

pertamax diamankan..
yang jadi guru sabar, rejeki yang ngatur allah..:)

Sakahayang Kang Asep mengatakan...

Sungguh trenyuh bila mendengar besarnya gaji guru honorer yg jauh dari standard,,,, selayaknya ada yang memperhatikan & memperjuangkan kesejahteraan mereka.,,,, good posting sob,,,,

MIS Miftahul Amin Tangerang mengatakan...

@software: ان الله مع الصبرين :)

@Sakahayang: makasih ya sob... ;)

campor bawor mengatakan...

kayaknya perlu perhatian dari pemerintah ya bang, berapa juta jumlah guru honorer di negara kita .kalo smua rata2 gajinya segitu .bisa di baxangkan ..ekonominya salam kenal sob

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Ucapkan Bismillah Sebelum Berkomentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda.
Jika Anda tidak memiliki site/url, Anda dapat menggunakan:
> Anonymous (tanpa nama)
> Name/URL (ketik nama Anda dan kosongkan URL)
*Anda dapat menggunakan emoticon di atas dengan mengetikkan kode-nya. Misal---> :))