Bantuan Dana Pengembangan dan Pembangunan MI MIFTAHUL AMIN klik di sini

Soal Matematika SD/MI (Bagian 2)

10 Desember 2011

soal matematika, sd/mi
Kembali lagi di soal Matematika nih... :D. Setelah beberapa hari yang lalu MIS. Miftahul Amin memberikan 5 (lima) soal Matematika SD/MI yang merupakan bagian dari beberapa kumpulan soal perlombaan Matematika (Jika mau lihat lagi bisa klik di sini) So, untuk kali ini kami memberikan 5 (lima) soal Matematika lagi untuk sobat. Hmmm..., gak bosan kan? Insya Allah gak ya sob..., itung-itung untuk pembendaharaan soal-soal Matematika sobat. Lagipula tidak salah kan untuk berbagi soal? :D.

Oh iya, bagaimana dengan soal Matematika yang lalu? Apakah kalian bisa menjawabnya? Insya Allah bisa ya sob.... Intinya jangan pernah menyerah untuk berlatih. Perlu diingat ya sob, Matematika itu butuh kesabaran, ketelitian, dan semangat yang tinggi untuk menaklukannya... :D. Kami yakin pasti bisa!!! Insya Allah.... Amin.

Nah, dari pada kepanjangan intronya. Kita langsung ke soal-soalnya ya sob...:
  1. Siswa suatu kelas akan mengadakan wisata dengan bus. Sewa bus Rp 120.000,00. Untuk memenuhi tempat duduk, 2 orang siswa kelas lain diajak serta. Dengan demikian, ongkos bus per anak berkurang Rp 100,00. Berapa banyak tempat duduk yang tersedia?
  2. Seekor jangkrik berbunyi 9 kali dalam 12 detik. Dengan kecepatan tersebut, berapa kali jangkrik tersebut berbunyi dalam waktu 4 menit?
  3. Suatu kelompok belajar Matematika memiliki peserta 29 anak laki-laki dan 53 anak perempuan. Setiap minggu, bertambah 5 anak laki-laki dan 3 anak perempuan. Setelah beberapa minggu, jumlah anak laki-laki sama dengan jumlah anak perempuan. Berapakah jumlah seluruh peserta kelompok belajar Matematika pada saat itu?
  4. Sebuah benda dibuat dari tiga bahan berbeda, yaitu P, Q, dan R. Jika perbandingan banyaknya bahan antara P terhadap Q adalah 6 : 8 dan perbandingan banyaknya bahan antara Q terhadap R adalah 7 : 3. Tentukan perbandingan banyaknya bahan antara P terhadap R!
  5. Bilangan 279 akan dinyatakan sebagai penjumlahan dua bilangan A dan B. Jika A dibagi 4 dan B dibagi 7 maka jumlahnya menjadi 57. Berapa selisih A dan B?

Bagaimana sob? Tertantang untuk menjawabnya? Silahkan kalian coba ya... dan tunggu soal-soal Matematika lainnya dari kami. Terus bagi kalian yang ingin mendownload soal-soal lainnya bisa juga klik Bank Soal yang ada di kolom kiri postingan ini.

And the end, semoga kelima soal di atas dapat bermanfaat. Dan kami tentu berharap, kecintaan terhadap Matematika semakin bertambah juga.

Sukses selalu untuk sobat semua....

Artikel Lainnya:

0 komentar:

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* : 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Ucapkan Bismillah Sebelum Berkomentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda.
Jika Anda tidak memiliki site/url, Anda dapat menggunakan:
> Anonymous (tanpa nama)
> Name/URL (ketik nama Anda dan kosongkan URL)
*Anda dapat menggunakan emoticon di atas dengan mengetikkan kode-nya. Misal---> :))